Thursday, December 11, 2008

Barchan dune

Barchan dune adalah bentukan dari timbunan pasir yang terjadi karena pengendapan material-material yang terbawa oleh angin yang terbentuk pada daerah dataran yang terbuka.

Nama Barchan dune diperkenalkan oleh Ralph Bagnold, seorang insinyur Britania yang bekerja di Mesir sebelum Perang Dunia II. Dia mendefinisikan dune sebagai “timbunan pasir
yang tidak tetap yang mana memiliki keadaan bebas dari salah satu bentuk tanah atau halangan angin tertentu”.

Bentuk barchan dune yaitu berbentuk koma, mempunyai puncak dan sayap, berlereng landai pada bagian luar (bagian depan dengan kemiringan berlawanan arah angin) dan berlereng curam pada bagian dalam.

Barchan dune mendominasi bentuk pasir, terbentuk disebabkan karena kondisi keseragaman lingkungan yang tinggi. Bentukan barchan dune ini biasanya terbentuk pada daerah dengan persediaan air terbatas, tidak dibatasi oleh topografi atau tumbuhan-tumbuhan, dan berada diatas batuan dasar yang padat dan cenderung datar dengan aliran angin hanya berasal dari satu arah saja. Perubahan arah angin dan kecepatannya dapat merubah bentuk barchan menjadi bentuk timbunan pasir yang lain seperti seif atau longitudinal dune .

Daftar Pustaka :

- Http://www.nps.gov/grsa/resources/barchan.htm
- Kathie Watson ; http://pubs.usgs.gov/gip/deserts/eolian/
- Thornbury, W. D., 1969, Principles of Geomorphology, John Wiley and Sons, Newyork.


0 komentar: