Friday, November 6, 2009

Melange

Melange merupakan kelompok campuran batuan Pra Tersier dari berbagai jenis dan umur batuan yang berbeda – beda (berkisar antara 120 – 65 jt th), yang telah mengalami proses deformasi (ubahan) baik pada struktur maupun komposisinya. Kelompok batuan yang disebut tektonik mélange terdiri atas percampuran dari berbagai satuan batuan dengan hubungan struktur dan stratigrafi yang tidak koheren, terdiri dari fragmen atau blok batuan ofiolitik, batuan metamorfik derajat rendah dan metasedimen yang tercampur dalam massa dasar lempung yang tergerus (pervasively sheared). Kenampakan rekahan gerus dengan permukaan berupa cermin sesar (slickenside), blok batuan exotic dan native berukuran dari ratusan meter hingga dapat dipetakan, mengambang dalam massa dasar yang lebih halus, yakni terdiri dari lempung abu – abu gelap hitam yang mempunyai sifat tergerus.

Batuan penyusun mélange umumnya terdeformasi secara intensif dari berbagai kejadian, fasies dan umur yang tersingkap berulang dan berubah secara tiba – tiba pada jarak yang relatif dekat. Adanya gejala tumbukan lempeng litosfer menyebabkan terbentuknya kelompok tatanan geologi yang kompleks dan menghasilkan percampuran kelompok batuan tersebut.

2 komentar:

ana' Geology said...

assalamu alaikum
salam kenal, salam Geologi

mau nanya bro referensi tentang melange ini dari mana? soalnya pemahaman sy mengenai Melange itu adalah batuan campur aduk hasil proses tektonik 2 atau lebih lempeng yang saling menumbuk mungkin singkatnya seperti itu, sekedar sharing bro.

kunjungi jg blog sy, saran mu penting bro

www.geologycika.blogspot.com

Anonymous said...

sekedar bagi pengetahuan, Melange atau batuan bancuh memang merupakan batuan akibat aktivitas tektonik lingkungan subduksi sehingga tidak heran fragmen batuan asal oceanic crust seperti basalt- ofiolit, sedimen palgic, neritic sedimen serta metamorfik ditemukan dalam sebuah basin dan menjadi penciri apakah suatu basin,berada di depan busur (fore arc basin) atau belakang busur (back arc basin).